Alat KB Dan Efek Sampingnya

Alat kontrasepsi memiliki banyak variasi, jenis dan macamnya. Alat kontrasepsi ini dimaksudkan untuk menunda, memberi jarak dan menghentikan kehamilan tergantung alasan para pasangan suami-istri menggunakan alat kontrasepsi. Banyak jenis kontrasepsi yang digunakan para ibu atau wanita, seperti kontrasepsi mekanik, kontrasepsi hormonal, dan kontrasepsi mantap. Apapun jenis alat kontrasepsi yang digunakan pastinya terdapat kelebihan dan kekurangan yang memberi efek langsung pada tubuh, gangguan fungsi organ tubuh tertentu dan lain sebagainya.

Berikut ini akan dibahas secara singkat salah satu alat kontrasepsi hormonal, yakni Pil KB dan suntikan yang banyak digunakan oleh para wanita atau ibu sebagai alat kontrasepsi yang dipilih dari sekian banyaknya alat kontrasepsi. Berikut ini efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi hormonal :

1. Timbul rasa nyeri kepala, pusing dan payudara terasa kencang

Menurut seorang doter kandungan Hilda Hutcherson, beliau juga merupakan seorang profesor di Universitas Columbia, New York mengemukakan, bahwa seorang wanita yang memilih menggunakan Pil KB sebagai alat kontrasepsi akan menimbulkan efek samping seperti nyeri kepala, sering mengalami pusing, dan payudara terasa kencang atau tegang. efek samping ini dirasakan apabila usai mengkonsumsi pil KB.

2. Timbul rasa mual ingin muntah

Rasa mual yang disertai ingin muntah merupakan gejala yang wajar dan biasa dialami oleh wanita yang menggunakan alat kontrasepsi berupa pil. Namun gejala rasa mual ini umumnya banyak dirasakan oleh beberapa wanita yang menggunakan alat kontrasepsi berupa cincin vagina (cincin yang dilapisi hormon kemudian dimasukkan ke dalam vagina) atau patch (sejenis koyo yang ditempelkan di lengan atas bagian belakang, perut bagian bawah atau bokong).

3. Mengalami perdarahan

Menurut Dr. Hilda Hutcherson, Ia mengatakan bahwa perdarahan merupakan efek samping yang banyak dirasakan beberapa wanita yang menggunakan alat kontrasepsi jenis pil atau implan. Perdarahan yang merupakan efek samping yang membuat seorang wanita menjadi tidak nyaman dan terkadang timbul rasa stress.

Beliau menyarankan jika timbul perdarahan yang cukup meresahkan atau mengkhawatirkan, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terkait.

4. Mengalami penurunan gairah seksual atau libido

Beberapa jenis Pil KB ada yang menimbulkan efek samping seperti terjadinya penurunan gairah seksual atau libido seorang wanita maupun pasangannya, hal ini disebabkan oleh efek samping yang ditimbulkan dari beberapa jenis pil KB ini dapat membuat vagina menjadi kering dan menurunnya kadar hormon testosteron. Wanita juga memiliki hormon testosteron meskipun jumlahnya tidak sebanyak yang dimiliki oleh pria. Hormon testosteron ini bertujuan untuk membantu meningkatkan gairah seksual wanita.

5. Perasaan atau emosi atau mood yang sering berubah-ubah

Beberapa wanita ada yang mengalami berupa perubahan mood atau perasaan atau emosi yang sering berubah tak menentu. Kemungkinan hal ini dianggap wajar karena beberapa efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan alat kontrasepsi yang ditimbulkan. terkadang sebagian kecil wanita merasakan hal yang sensitif, mudah tersinggung dan stress. Biasanya dokter akan memberikan obat anti depresi pada seorang pasien yang menggunakan alat kontrasepsi berupa pil.


>>> Ovutest Scope Memudahkan Perencanaan & Penundaan Kehamilan - Alat KB Alami Sebagai Alat Uji Masa Subur Wanita. Bagi yang ingin menunda kehamilan maka lakukan hubungan intim pada saat masa tidak subur, Cukup Satu Alat Seumur Hidup. KLIK DETAIL DISINI!


This entry was posted in Alat KB and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.