Jenis Alat KB

Jenis Alat KB – Penggunaan alat kontrasepsi atau biasa di kenal dengan nama KB adalah cara untuk mencegah kehamilan. Alat kb bisa di gunakan oleh wanita atau pria yang akan mencegah untuk proses pembuahan. Alat kb biasa di gunakan pada wanita yang setelah melahirkan sehingga tidak mudah hamil kembali, agar memberikan jarak pada anak yang pertama.

Alat kb bisa di gunakan dengan cara di minum sebagai obat, di suntikan atau menggunakan alat, ada berbagai macam jenis alat kb yang di gunakan, tergantung kenyamanan pada seseorang yang di gunakan. Di indonesia alat kb di bagikan dengan cara gratis, karena untuk menekan jumlah kelahiran yang semakin meningkat. Dan penggunaan alat kb juga tidak bisa sembarangan karena harus dengan anjuran dokter atau bidan.

jenis alat kb

jenis alat kb

Jenis Alat Kb

Untuk mencegah kehamilan selain dengan mengetahui masa subur maka bisa dengan menggunakan alat. Dan telah banyak jenis alat kb yang bisa di gunakan dan berbeda beda tingkat ke akuratan nya. dan jika ingin ingin menggunakan alat kb bisa mengetahui jenis alat kb sebagai berikut :

  • Kondom

Kondom adalah salah satu satu jenis alat kb yang di gunakan untuk mencegah kehamilan. Kondom banyak di gunakan oleh laki laki, dan bahan dasar dari kondom dari lateks atau karet yang elastis. Untuk menggunakan nya bisa membeli nya di apotek atau di tempat perbelanjaan, karena kondom telah di jual bebas. kondom akan berfungsi untuk mencegah sperma masuk ke dalam rahim yang akan terjadi proses pembuahan.

  • Spermatisida

Karena sperma dapat bertahan hidup di dalam rahim selam 72 jam maka untuk mencegah kehamilan bisa dengan membunuh sperma agar tidak membuahi sel telur. jenis alat kb yang akan membunuh sperma di kenal dengan sprematisida, sehingga akan membantu untuk membunuh sperma setelah melakukan hubungan seksual. Alat kb seperti di gunakan oleh wanita dan jenis nya bisa berupa krim, tablet atau jeli. Untuk menggunakan nya bisa dengan meminta resep dokter atau berkonsultasi dengan aopteker sehigga tidak dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.

  • Vagina diagfragma

Jenis alat kb seperti ini juga akan membantu untuk mencegah pembuahan. Dan alat kb ini di gunakan wanita sebelum melakukan hubungan seksual. Penggunaan nya dapat di mulut rahim yang akan menghalangi sperma untuk masuk, karena bentuk alat kb ini merupakan seperti cincin yang bulat. Jenis alat kb ini efektif untuk mencegah kehamilan dan cukup akurat.

  • Pil kb

Jenis alat kb yang selanjut nya adalah pil. Obat yang berbentuk pil yang akan di konsumsi wanita. alat ini cukup populer karena banyak di gunakan di kalangan wanita, dan harga nya juga tidak semahal alat kb sebelum nya. alat kb pil ini tidak akan memberikan efek samping seperti gangguan pada siklus menstruasi sehingga penggunaan nya tidak akan menujukan gejala apapun yang menonjol.

  • Suntik kb

Jenis alat kb yang lain juga bisa dengan menyuntikan nya ke dalam tubuh. jika melakukan kb dengan suntik maka ada pemilihan pemakaian nya, yaitu suntik dengan waktu 3 bulan sekali, atau dengan menyuntikan nya sebulan sebanyak 2 hingga 3 kali. Alat kb seperti ini juga tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya, dan cocok juga di gunakan pada wanita yang sedang menyusui anak nya tanpa harus khawatir untuk mengganggu produksi asi yang akan di hasilkan.

  • Susuk

Susuk yang akan di masukan ke dalam kulit tangan wanita dengan bentuk seperti tabung juga merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi. Cara kerja dari susuk kb akan mencegah kehamilan dengan melepaskan kandungan tabung yang berisikan hormon pencegah pembuahan.

  • Spriral

Jenis alat kb spiral atau iud juga banyak di gunakan, karena cukup efektif mencegah pembuahan sel telur. penggunaan alat ini cukup berbeda dengan alat kb sebelum nya. untuk menggunakan alat kb spiral maka akan d letakan di dalam rahim, hingga akan membunuh atau menghalangi sperma untuk memasuki rahim. Tidak perlu khawatir untuk melakukan pemasangan nya, karena alat khusus yang di gunakan dokter cukup aman. Alat ini dapat bertahan beberap tahun sehingga tidak perlu repot untuk sering mengganti nya. alat ini bisa di lepas sesuai keinginan pengguna nya karena masa pemakaian bias sampai 5 tahun. Jika baru belum samapai 5 tahun ingin hamil kembali maka bisa melepaskan nya kembali dengan mengunjungi dokter.

Mencegah Kehamilan Dengan Cara Lain

  • Menghitung kalender

Selain menggunakan alat kb maka mencegah kehamilan dengan cara lain bisa dengan melakukan hitung kalender masa subur, dengan menghitung masa subur seseorang dari mulai menstruasi pertama dan hari menstruasi berikut nya akan membantu untuk mencegah kehamilan alami.

  • Mengukur suhu tubuh

Selain menghitung kalender juga bisa dengan memeriksa suhu tubuh setiap pagi. Karena suhu tubuh akan berubah atau meningkat ketika memasuki masa subur. Jika sudah terbiasa mengukur suhu tubuh maka akan dengan mudah untuk mengetahui datang nya masa subur.

  • Mukosa serviks

Mukakosa servisk merupakan bagian yang akan memproduksi lendir. Jika lendir yang keluar pada mulut rahim seperti putih telur yang kental dan berwarna bening, berarti menandakan jika telah memasuki masa subur. Untuk medeteksi kanker rahim  juga dapat dari mukosa serviks yang di hasilkan.


>>> Ovutest Scope Memudahkan Perencanaan & Penundaan Kehamilan - Alat KB Alami Sebagai Alat Uji Masa Subur Wanita. Bagi yang ingin menunda kehamilan maka lakukan hubungan intim pada saat masa tidak subur, Cukup Satu Alat Seumur Hidup. KLIK DETAIL DISINI!


This entry was posted in Alat KB. Bookmark the permalink.

Leave a Reply